Pemimpin yang Baik

Istilah “Kemenangan Pyrrhic” berakar pada sejarah militer. Namun, telah menjadi analog dalam bidang-bidang seperti bisnis, hukum dan politik untuk menggambarkan setiap perjuangan di mana kemenangan lebih mahal untuk menang daripada nilainya dan pada akhirnya dapat merusak.

Ungkapan ini diambil dari nama raja Yunani kuno Pyrrhus yang pasukannya menderita korban yang tak tergantikan dalam mengalahkan bangsa Romawi pada tahun 279 SM selama Perang Pyrrhic. Setelah pertempuran, dilaporkan Cara Memilih Pemimpin bahwa Pyrrhus merangkum kemenangannya dengan, “Jika kita menang dalam satu pertempuran lagi dengan orang-orang Romawi, kita akan benar-benar hancur.”

Dalam analisis terakhir dia kehilangan sebagian besar pasukannya serta komandan utama. Tidak ada orang lain di sana untuk menarik. Di sisi lain, orang Romawi yang kalah, yang menderita kerugian lebih besar daripada Pyrrhus, memiliki pasukan yang jauh lebih besar dan kedalaman komando yang harus diambil. Jadi, kerugian mereka tidak terlalu merusak upaya perang mereka daripada kerugian Pyrrhus terhadapnya, namun dia adalah pemenangnya!

Pentingnya Sejarah

Penting bagi para pemimpin saat ini untuk menjadi siswa sejarah. Filsuf besar, Santayana, pernah berita bobby nasution memberi nasihat (sedikit diparafrasekan), “Orang yang tidak ingat sejarah pasti akan mengulanginya.” Manfaat menjadi mahasiswa sejarah adalah mempelajari apa yang berhasil dan yang tidak. Ini sangat penting untuk menghindari pengulangan kesalahan di masa lalu, terutama ketika Anda bisa belajar dari orang lain daripada dikonseling oleh bekas luka dan memar Anda sendiri.

Pelajaran Yang Lebih Besar

Fokus kepemimpinan kami di sini adalah pada pentingnya menghindari kemenangan-kemenangan Pyrrhic yang memerlukan biaya lebih banyak untuk sukses daripada yang berharga dan dapat merusak dalam jangka panjang. Pelajaran yang lebih besar di sini adalah memilih pertempuran Anda dengan bijak karena itu bukan pertempuran yang ingin Anda menangkan tetapi perang. Kuncinya adalah keberlanjutan.

Contoh Kehidupan Nyata

Sebagai contoh, saya punya teman baik yang berkecimpung dalam bisnis perkapalan yang memutuskan untuk pensiun dari itu, menetap dan membeli lapangan golf di daerah resor pegunungan musim panas Arizona utara. Kursus ini perlu ditingkatkan dan sebagian darinya bisa dimasukkan ke dalam banyak rumah liburan. Dia sedikit diperpanjang dan memutuskan untuk mengumpulkan dana tambahan dengan meningkatkan biaya hijau. OKE, sejauh ini. Namun, ia juga memutuskan untuk tidak menghormati hak istimewa yang diberikan kepada mereka yang sebelumnya telah membeli keanggotaan seumur hidup. Para anggota itu telah membayar biaya yang lumayan untuk jenis keanggotaan yang memungkinkan mereka bermain dengan diskon besar dan memberi mereka hak istimewa lainnya juga.

Alasannya adalah bahwa penasihat hukumnya menasihatinya bahwa dia dapat melakukan itu karena, sesuai dengan kontrak keanggotaan seumur hidup, dapat ditafsirkan bahwa pemilik baru tidak perlu menghormatinya. Dia menanyakan pikiranku tentang strateginya. Saya bertanya kepadanya siapa anggota seumur hidupnya. Dia menjawab bahwa di antara tokoh-tokoh lain di kota mereka termasuk walikota dan juga beberapa anggota dewan kota. Saya sangat memperingatkan dia agar tidak merusak anggota seumur hidup karena beberapa dari mereka sangat penting untuk keberhasilan rencana jangka panjangnya. Dia akan membutuhkan niat baik dan kerja sama mereka untuk melaksanakannya. Dia mengikuti nasihat penasihat sebagai gantinya.

Litigasi diikuti di mana ia menang. Sebagai hasilnya ia menjadi contoh klasik dari kemenangan Pyrrhic. Pengusaha lokal memboikotnya, meskipun mereka mungkin tidak memiliki keanggotaan seumur hidup. Bankir lokal tidak akan mempertimbangkan pinjaman. Walikota dan dewan kota, yang mengendalikan izin bangunan dan persetujuan lain yang sangat dibutuhkannya, hampir tidak responsif terhadap permintaannya. Segera setelah itu, dia kehilangan lapangan golf. Itu mewakili sejumlah besar modal investasinya dan akhirnya menciptakan kesulitan keuangan. Itu adalah harga besar yang harus dibayar untuk memenangkan pertempuran.

Pilih Pertempuran Anda dengan Hati-hati

Ada musim untuk semua hal dan itu termasuk berperang. Para pemimpin yang baik tahu kapan harus menahan diri dan kapan harus maju dengan keberanian dan ketabahan ketika mereka harus mempertaruhkan waktu, harta dan energi. Banyak yang membaca ini akan memiliki situasi dalam bisnis atau bidang lain di mana strategi secara hukum benar atau sesuai dengan kebijakan perusahaan atau beberapa papan dukungan substansial lainnya. Yang penting adalah menggunakan akal sehat dengan memproyeksikan situasi melalui kesimpulannya dan menentukan konsekuensi atau bahkan konsekuensi potensial yang tidak diinginkan dari tindakan apa pun. Kemudian tentukan apakah hasilnya akan secara substansial cukup menguntungkan untuk membuat upaya itu bermanfaat sehingga menghindari kemenangan Pyrrhic.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>