lhok geulumpang aceh jaya

Pantai Lhok Geulumpang

Pantai Lhok Geulumpang adalah pantai yang berlokasi di Aceh Jaya, Aceh, pantai ini mempunyai keunikan ialah pantai yang seakan diapit oleh dua buah lautan. Rental mobil banda Aceh
Dikala bertamasya di Aceh, memang tidak komplit rasanya berkunjung di sebagian pantai yang mempunyai estetika memikat. Provinsi yang berjuluk Serambi Mekkah ini memang menaruh puluhan pantai dengan keunikan serta kekuatan tarik tersendiri. Seperti Pantai Lhok Geulumpang yang adalah pantai menyerupai teluk sehingga terlihat eksotis serta natural.

Mempunyai garis pantai yang landai serta pasir putih lembut akan sanggup menarik perhatian bagi siapa saja yang memandangnya. Tidak cuma pantai yang menawan, alam bawah laut bahkan tidak keok memikat untuk dirasakan. Terdapat bermacam ragam biota laut menawan yang selalu ramah kepada pelancong.

Pantai Lhok Geulumpang
Secara administratif, Pantai Lhok Geulumpang berlokasi pada Desa Sawang, Kecamatan Loyal Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh. Untuk menempuh lokasi pantai ini, pelancong setidaknya seharusnya mencapai jarak yang cukup jauh ialah sekitar 140 kilometer atau melaksanakan perjalanan selama 2,5 jam dari Banda Aceh. Tapi dari Kota Calang pantai ini dapat ditempuh dengan mencapai jarak cuma sekitar 18 kilometer saja.

Pelancong dapat menerapkan kendaraan pribadi atau kendaraan lazim untuk menuju ke Pantai Lhok Geulumpang ini. Apabila berangkat dari Banda Aceh, pelancong dapat menerapkan Jalan Banda Aceh – Meulaboh yang kondisinya telah benar-benar bagus. Memang diperlukan usaha ekstra untuk menengok cantiknya pantai yang berlokasi di Aceh Jaya ini, tapi dikala tiba di pantai segala lelah dari perjalanan akan terganti dengan pemandangan pantai yang semacam itu natural serta eksotis.

Sejarah Pantai Lhok Geulumpang
Sebelum diketahui sebagai pantai liburan, daerah ini dulunya adalah pantai yang sepi pengunjung. Situasi berubah dikala seorang warga Jerman bernama David tiba di Aceh dan kagum dengan estetika dari Pantai Lhok Geulumpang. Pria hal yang demikian lebih diketahui dengan sebutan Daud Jerman.

Pria Jerman ini juga sudah berkeliling Indonesia dengan mampir di sebagian tempat seperti Lombok, Flores dan Bali. Sekitar tahun 1989, Daud mempertimbangkan untuk menetap di Aceh sebab terpesona dengan pesona estetika alam yang ada di provinsi paling ujung Sumatra hal yang demikian.Rumahnya terbuat dari papan serta beratapkan daun nipah yang didesain menghadap ke laut sehingga dapat melihat cantiknya laut tiap dikala. Beliau juga berjasa dalam perkembangan liburan Pantai Lhok Geulumpang.

Daud menyulap daerah hal yang demikian menjadi tujuan liburan, serta tidak sungkan mempersembahkan keelokan Pantai Lhok Geulumpang pada turis mancanegara. Mulailah pantai ini ramai dikunjungi pelancong mulai dari pelancong lokal sampai luar negeri. Tapi sayangnya, Daud mempertimbangkan untuk meninggalkan Aceh sesudah terlibat permasalahan dengan warga setempat.

Pada tahun 1993, di pantai ini pernah dikerjakan acara pesta tradisi regional ASEAN, yang kian menambah kepopuleran Pantai Lhok Geulumpang dimata dunia. Kala itu, ribuan orang tumpah ruah mulai masyarakat Aceh sampai para penggiat seni dunia. Pesta tradisi ini juga diketahui dengan nama Piasan Raya Lhok Geulumpang.

Pantai ini juga pernah dihempas oleh dahsyatnya gelombang tsunami pada tahun 2004, sehingga banyak komponen pantai yang rusak parah. Untungnya, petaka hal yang demikian tidak merusak estetika Pantai Lhok Geulumpang. Sisa-sisa dari Piasan Raya Lhok Geulumpang masih dapat diperhatikan pada pentas berwarna hitam yang masih terdapat di pantai ini sedangkan formatnya yang tidak beraturan sesudah dihempas gelombang tsunami.

Pesona Pantai Lhok Geulumpang
Tidak salah bila Pantai Lhok Geulumpang menjadi salah satu pantai paling eksotis yang ada di Aceh. Dikala tiba di lokasi pantai, pelancong dapat memandang pemandangan alam pantai yang semacam itu luar umum cantiknya. Hamparan pasir putih yang landai bisa dijumpai disepanjang bibir pantai.

Pantai Lhok Geulumpang memang mempunyai karakteristik pantai yang unik. Pantai terwujud dari dua pulau yang menyatu antara satu sama lain sehingga membikin pantai yang berbeda dari pantai-pantai lainnya. Pelancong dapat memandang pantai ini diapit oleh 2 air laut di kiri dan kanan, sehingga terlihat seperti sebuah jalan yang membelah lautan.

Baca lainnya : Wisata Aceh Besar

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>